TEKS DAN MANFAAT SHOLAWAT TIBBIL QULUB

TEKS DAN MANFAAT SHOLAWAT TIBBIL QULUB

Selasa, 25 Mei 2021, Mei 25, 2021

Membaca sholawat nabi menjadi amalan yang sangat dianjurkan bagi umat islam. Di masjid-masjid terutama semenjak adanya virus covid 19, salah satu sholawat yang paling sering di kumandangkan adalah sholawat Tibbil Qulub.

 

Ya, Sholawat Tibbil Qulub ini juga di sebut sebagai sholawat shifa, atau obat. miYakni  salah satu sholawat Nabi Muhammad Sallalahu Alaihi Wassalam yang mempunyai makna sebagai obat penyembuh dan untuk memohon keselamatan.

 

Dengan membaca sholawat ini maka ada beragam manfaat dan faedah yang bisa di peroleh bagi yang rajin mengamalkannya. Salah satunya seperti yang tertuang di dalam sebuah dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu”iyah, yang tertulis sebagai berikut:

 

 

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن

 

“Sholawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin”. (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal 47).

 

 

Meski memiliki manfaat baiknya tidak cukup dengan shoalwat saja tapi ikhtiar nyata juga tetap di jalankan yakni dengan menjaga kebersihan jasmani dan rohani, supaya sehat secara lahir dan batin.

 

Berikut bacaan Sholawat Tibbil Qulum dan Terjemahannya.

 

اللّٰهُمَّ صلِّ   عَلٰى سَيِّدِ ناَ مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ

وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلاَبْدَ انِ وَشِفَا ئِهَا  وَنُوْرِ

الْاَبْصَارِ وَضِيَا ئِهاَ وَعَلٰى اٰلِهِ َوَصَحْبِهِ وسَلِّم

Allohuma shalli’alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawa-iha wa’aafiyatil abdaani washifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.

 

“Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan”.

Berikut Vide klipnya.






TerPopuler