Kamus Investasi Abjad D

Kamus Investasi Abjad D

Sabtu, 12 Desember 2020, Desember 12, 2020


 Debitur

Debitur adalah pihak yang berhutang. Melalui penerbitan obligasi , suatu badan telah menjadi debitur.

Depositi/ Simpanan Berjangka

Deposito adalah Simpanan berjangka di bank yang menjajikan bunga tinggi ketimbang tabungan biasa. Deposito tidak bisa di cairkan sebelum tanggal jatuh tempo, dan biasanya tersedia dalam jangka waktu. 1,3,6, hingga 12 bulan.

Diversifikasi

Diversifikasi adalah menyalurkan dana investasi ke berbagai produk yang berbeda. Tujuannya untuk menstabilkan asrus uang. Sangat direkomendasikan untuk siapa saja. Bila satu produk investasi jatuh, maka masih punya prosuk lainnya yang bernilai lebih tinggi.

Dana Darurat

Dana darurat adalah merupakan uang yang kita simpan dengan tujuan menghadapi keadaan genting di masa depan. Dana darurat tidak boleh di belanjakan kecuali memang benar-benar darurat, misalnya di PHK, sakit dll.tujuannya agar kamu lebih siap menghadapi hal-hal yang tidak terduga dalam kehidupan di masa yang akan datang.

Deviden

Deviden adalah pembayaran yang di lakukan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya, biasannya sebagai bagi untung/pembagian laba. Ketika sebuah perusahaan menghasilkan laba atau surplus, perusahaan tersebut dapat menginvestasikan kembali laba dalam bisnis dan membayar proporsi laba sebagai deviden kepada para pemegang saham.

Daftar Negarif Investasi

Daftar Negatif Investasi (DNI adalah salah satu produk hukum yang di ciptakan untuk membuat investor asing memiliki kejelasan pilihan bidang usaha yang ada di Indonesia. DNI berisi daftar bidang usaha tertutup dan terbuka bagi asing berserta dengan persyaratannya.

Delisting

Delisting adalah Penghapusan efek dari daftar yang tercatat di bursa sehingga efek tersebut tidak dapat di perdagangkan kembali di bursa saham. Saham-saham yang pernah di delisting tetap dapat di perdagangkan di luar bursa dan status emiten tetap sebagai perusahaan publik.

Derivatif

Derivatif adalah Kontrak finansial antara 2 (dua) atau lebih pihak-pihak guna memenuhi janji untuk membeli atau menjual aset/komoditas yang dijadikan sebagai objek yang diperdagangkan pada waktu dan harga yang merupakan kesepakatan bersama antara pihak penjual dan pihak pembeli. Adapun nilai di masa mendatang dari objek yang di perdagangkan tersebut sangat di pengaruhi oleh instrumen induk yang ada di spot market.

Dilusi

Dilusi adalah Penurunan persentase pemilikan dari pemegang saham suatu perusahaan sebagai akibat dari bertambahnya jumlah saham yang beredar.

Disclaimer

Disclaimer adalah Pernyataan penolakan bertanggung jawab atas resiko investasi yang mungkinmuncul akibat penggunaan informasi yang terdapat pada suatu laporan riset, surat pernyataan atau sejenisnya.

Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi Portofolio adalah Cara berinvestasi dengan menanamkan uang pada beragam instrument investasi untuk mengurangi resiko kerugian.

Divestasi

Divestasi adalah Penjualan kembali sahm perusahaan

Deviden Pay Out Ratio (Rasio Pembayaran Deviden).

Deviden Pay Out Ratio adalah Persentase tertentu dari laba perusahaan yang dibayarkan  sebagai deviden kas pemegang saham.

Deviden Yield

Deviden Yield adalah  Rasio nilai deviden terhadap harga saham.

Dual Listing

Dualisting adalah Pencatatan saham di lebih dari satu bursa sehingga likuiditas surat berharga tersebut lebih terjaga.









TerPopuler